I.
LATAR BELAKANG
Kota adalah suatu lingkup pemerintahan 1 tingkat di bawah Provinsi
yang berarti lingkup pemerintahannya yang sudah cukup besar dimana di dalamnya
terjadi banyak kegiatan dari berbagai aspek yang dilakukan oleh para
penduduknya. Tidak dapat dipungkiri kemajuan
teknologi telah mendidik para penduduk suatu kota untuk terus merasa ingin tau,
memantau dan ikut serta dalam kemajuan teknologi itu. Sehingga dunia pendidikan
sekarang pun telah memberikan pengajaran yang memadai akan teknologi ini kepada
para anak mudanya.
Internet adalah satu bentuk kemajuan teknologi yang sudah menjadi
kebutuhan pokok bagi suatu kota. Kegiatan bisnis yang menjadi penumpu
kehidupanpun sudah menginjak suatu persaingan baru yaitu dunia maya(on line).
Sudah sangat banyak website yang menjual produk-produk dari suatu perusahaan
dengan penampilan website yang menarik. Dari kebutuhan akan website tersebut
muncullah web designer sebagai profesi baru, para pelakunya tidak hanya orang
dewasa melainkan sudah banyak para pelajar yang ikut melakoni pekerjaan ini.
Karena itu Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Gunadarma (HIMTI
Universitas Gunadarma) membuat serangkaian kegiatan yang di dalamnya menyoroti
Web Design dan diikuti dengan kegiatan sosial lainnya.
II. TUJUAN KEGIATAN
1
Peningkatan
keahlian berorganisasi Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas
Gunadarma yang ikut dalam kepanitiaan acara ini
2
Memberi wadah
peserta lomba membuktikan keahliannya dalam bidang Web Design
3
Meningkatkan
kepedulian kepada sesama dalam acara sosialnya
4
Sebagai Media
promosi Universitas Gunadarma khususnya Kalimalang
5 Sebagai media
promosi bagi pihak sponsor, Memberi
pengetahuan tentang Web Design kepada masyarakat umum
III. DASAR KEGIATAN
Dasar kami mengadakan kegiatan ini
adalah :
- Program
Kerja HIMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) Universitas Gunadarma
tahun kepengurusan 2012-2013.
- Tri
Darma perguruan tinggi.
IV.
NAMA KEGIATAN
Rangkaian
acara yang akan diadakan digabung dalam satu judul yaitu “My Digital City”.
V. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
- Lomba Web Design
Seleksi Pertama
Waktu : 10.00 – 12.00 WIB
Tanggal : 12 Januari 2013
Tempat : dibagi menjadi 3 tempat sesuai regional peserta yaitu
Universitas Gunadarma Margonda
(Kampus D)
Universitas Gunadarma Kalimalang
(Kampus J1)
Universitas Gunadarma Cengkareng
(Kampus L)
- Lomba Web Design
Tahap Final
Waktu : 10.00 – 11.00 WIB
Tanggal : 19 Januari 2013
Tempat : Auditorium Univeristas Gunadarma Kalimalang (Kampus J1)
- Workshop Web
Design
Waktu : 10.00 – 13.00 WIB
Tanggal : 19 Januari 2013
Tempat : Auditorium Univeristas Gunadarma Kalimalang (Kampus J1)
- Donor Darah
Waktu : 10.00 – 15.00 WIB
Tanggal : 19 Januari 2013
Tempat : Lobby Univeristas Gunadarma Kalimalang (Kampus J1)
- Bazar
Waktu : 10.00 – 15.00 WIB
Tanggal : 19 Januari 2013
Tempat : Lobby Univeristas Gunadarma Kalimalang (Kampus J)
VI. TARGET PESERTA
Sasaran untuk Lomba Web Design adalah pelajar tingkat
SMA/Sederajat dan umum untuk daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi
(Jabodetabek) . Sedangkan untuk Workshop Web Design adalah untuk umum dengan
rincian peserta yaitu dari peserta Lomba Web Design ditambah 200 dari kalangan
mahasiswa dan masyarakat umum. Serta terdapat acara sosial berupa Donor Darah
yang dibuka untuk umum dan diadakan Bazaar juga dibuka untuk umum.
VII. SUSUNAN ACARA
Terlampir
VIII. SUMBER DANA
1
Dana Rektorat
Universitas Gunadarma
2
Sponsorship
3
Donatur yang
tidak mengikat
IX. SUSUNAN PANITIA
Terlampir
X. ANGGARAN
BIAYA
Terlampir
XI. PROFIL PANITIA
Terlampir
XII. PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat untuk memberi gambaran mengenai acara
yang akan kami laksanakan. Besar harapan kami, semua pihak berkenan untuk ikut
berkerja sama dengan kami agar wawasan dan pengetahuan mahasiswa dapat berkembang dengan semestinya. Atas perhatian
dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.
Hormat Kami,
Ketua pelaksana
Sekretaris
Rinaldi Prabowo Firda Tri Kurniasih
Mengetahui,
Ketua HIMTI periode
2012 – 2013 Pembantu Dekan III
Suad Alfatih Sunyoto ST, MT
LAMPIRAN I.
SUSUNAN ACARA
LAMPIRAN II.
SUSUNAN PANITIA
Pelindung :
Rektor Universitas Gunadarma
Prof. Dr. E.S. Margianti, SE., MM.
Pembina :
Pembantu Rektor III Universitas Gunadarma
. Irwan Bastian, SKom, MMSI.
Pembantu Dekan III Fakultas Teknologi
Industri
Sunyoto ST, MT
Penanggung Jawab :
: Ketua HIMTI periode 2012-2013
Universitas Gunadarma
Ketua
Pelaksana : Rinaldi
prabowo
Sekretaris : Firda
Bendahara
umum : Resya
Bendahara I (Depok) :
Bendahara II (Cengkareng) :
Koordinator Lomba : Didi
Depok :
Cengkareng :
Koordinator Workshop : Dwiky
Koordinator Bazaar : Okka
Koordinator Donor Darah : Dzikri
Kordinator
Perlengkapan : Anto
Anggota : 1. Cahyo
2.
Koordinator
Pubdekdok : Nia
Anggota : 1.
2.
Koordinator
Humas : Ratih
Anggota :
1.
2.
Koordinator Konsumsi : Ratih part2
Anggota : 1.
2.
Koordinator Dana Usaha : Ar’rasya
Anggota : 1.
2.
Koordinator Registrasi : Hendy
Depok :
Cengkareng :
LAMPIRAN III.
ANGGARAN
BIAYA
NO
|
KEGIATAN
|
SATUAN (Rp)
|
JUMLAH (@)
|
TOTAL
|
1
|
KESEKRETARIATAN:
XIII.
Proposal
XIV.
Undangan
|
Rp. 20.000
Rp. 2000
|
10
5
|
Rp. 200.000
Rp. 10.000
|
SUB TOTAL
|
Rp. 210.000
|
|||
2
|
PUBLIKASI DAN DOKUMENTASI
XV.
Spanduk
XVI.
Banner
XVII.
Sertifikat
XVIII.
Name tag Panitia
XIX.
Pamflet
|
Rp. 120.000
Rp. 75.000
Rp. 5.000
Rp. 3.000
Rp. 20.000
|
5
5
300
|
Rp. 600.000
Rp. 375.000
Rp. 1.500.000
|
SUB TOTAL
|
||||
3
|
ACARA
XX.
Pembicara
XXI.
Hadiah lomba (umum & pelajar)
Juara
I
Juara
II
Juara
III
|
Rp.
1.500.000
Rp. 2.000.000
Rp.
1.000.000
Rp.
500.000
|
2
2
2
|
Rp.
1.500.000
Rp. 4.000.000
Rp. 2.000.000
Rp. 1.000.000
|
SUB TOTAL
|
||||
4
|
PERLENGKAPAN
XXII.
Dokumentasi acara
XXIII.
Infocus
|
Rp.
200.000
Rp.
200.000
|
1
1
|
Rp.
200.000
Rp.
200.000
|
SUB TOTAL
|
||||
5
|
HUMAS
XXIV.
Angket
XXV.
Ticketing
|
Rp. 50.000
Rp. 5.000
|
1
250
|
Rp. 1.500.000
Rp. 1.250.000
|
SUB TOTAL
|
||||
6
|
KONSUMSI
XXVI.
Peserta + Panitia
XXVII. Tamu Undangan
|
Rp.
5.000
|
100
|
Rp. 1.500.000
Rp. 300.000
|
SUB TOTAL
|
Rp. 1.800.000
|
|||
TOTAL ANGGARAN
|
Rp.
19. 365.000
|
Dana yang harus dicari Rp.
19. 365.000
Rp.
3.115.000
LAMPIRAN IV.
SPONSORSHIP
Dalam
kegiatan ini, kami Panitia mengajak saudara untuk bekerjasama dan
berpartisipasi melalui paket promosi dengan cara pencantuman logo dari
perusahaan atau instansi saudara dalam acara yang diselenggarakan oleh Panitia.
Adapun paket promosi yang kami sediakan meliputi:
I. Sponsor Utama
Pencantuman nama atau logo instansi perusahaan sponsor pada:
XXVIII. Spanduk Rentang
XXIX.
ID Card atau Nametag panitia
XXX.
Pamflet
XXXI.
Banner
XXXII. CD
XXXIII. Cover depan fotokopi materi
XXXIV. Sertifikat peserta
XXXV. Bilik stand bazaar
XXXVI. Iklan media cetak atau elektronik
XXXVII. Logo dan Profil sponsor utama pada homepage kegiatan
II. Sponsor Pendamping
Pencantuman nama atau logo instansi perusahaan sponsor pada:
XXXVIII.
Spanduk
Rentang
XXXIX. ID Card atau Nametag panitia
XL.
Pamflet
XLI.
Banner
XLII.
CD
XLIII.
Cover depan fotokopi materi
XLIV.
Sertifikat peserta
XLV.
Bilik stand bazaar
XLVI.
Iklan media cetak atau elektronik
XLVII. Logo dan Profil sponsor
pendamping pada homepage kegiatan.
III. Sponsor Khusus
·
Kaos atau
seragam panitia
·
Spanduk
·
Publikasi di
media cetak
·
Publikasi di
media elektronik
·
Dan lain-lain
KETENTUAN SPONSORSHIP
·
Panitia Acara
“My Digital City” berhak mencari
sponsor sampai kebutuhan dana terpenuhi
·
Terdapat
sponsor tunggal atau utama maka paket sponsor yang lain tidak dapat ditawarkan.
·
Panitia
berhak memprioritaskan sponsor yang masuk berdasarkan golongan paket tertinggi
yang dipilih maupun dari waktu persetujuan sponsor.
·
Apabila
sebuah paket sponsor tingkatannya yang lebih tinggi diminati oleh suatu badan
usaha sedangkan pada saat itu sudah ada badan usaha lain yang telah memilih
paket sponsor yang lebih rendah tingkatannya maka panitia berhak membatalkan
perjanjian paket sponsor yang lebih rendah tingkatannya, jika kesepakatan
dengan paket sponsor yang lebih tinggi seperti itu dan memberitahukan
pembatalan tersebut. Pembatalan itu tidak bersifat otomatis tetapi
mempertimbangkan jumlah dana yang telah terkumpul.
·
Batas waktu
perjanjian harus dapat direalisasikan selambat-lambatnya 21 (dua puluh satu)
hari sebelum penyelanggaraan kegiatan.
·
Sponsor
berhak mendapatkan seluruh kontraprestasi yang ada pada paket-paket sponsor
yang dipilihnya. Jika sponsor tidak menggunakan salah satu atau lebih
kontraprestasi yang ditawarkan maka kontraprestasi tersebut tidak dapat diganti
dengan kontraprestasi lainnya sedangkan dana yang senilai dengan kontraprestasi
yang tidak dapat diambil kembali.
·
Perjanjian
kerjasama atau kontrak dinyatakan secara tertulis diatas kertas bermaterai dan
ditandatangani kedua belah pihak, disertai oleh dua orang saksi masing-masing
satu orang dari setiap pihak.
·
Bila terjadi
pengunduran waktu kegiatan akibat hal yang diluar kemampuan panitia maka
perjanjian kerjasama tetap berlaku dengan asumsi waktu penyelenggaraan diundur.
KETENTUAN UMUM
Material
Semua materi dari sponsor (Nama dan
logo promosi, pesan perusahaan dsb) untuk media promosi yang akan diproduksi
telah diterima oleh panitia paling lambat 14 (empat belas) hari sebelum penyelenggaraan
kegiatan. Materi sponsor untuk promosi khusus yang dimiliki sendiri (spanduk
atau umbul-umbul perusahaan) dengan sepengetahuan panitia, harus disediakan
panitia selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari sebelum penyelenggaraan kegiatan.
Bentuk Kerjasama
Kerjasama
antar sponsor dan panitia adalah hubungan yang didasarkan pada kerjasama saling
menguntungkan.
Produksi
Produksi dari media promosi akan
dilaksanakan oleh panitia dengan persetujuan kedua belah pihak sesuai ketentuan
promosi.
SISTEM PEMBAYARAN
Pembayaran dapat dilakukan sekaligus atau dalam 2 (dua) tahap.
Jika dilakukan dalam dua tahap maka pembayaran pertama sebesar 70% dari jumlah
keseluruhan biaya yang ditanggung, dibayarkan langsung pada saat
penandatanganan kontrak kerja sama dengan saksi kedua belah pihak sedangkan
sisanya dibayarkan paling lambat 7 (tujuh) hari sebelum kegiatan seminar
berlangsung. Jika pembayaran termin kedua ini tidak dapat dilakukan oleh pihak
sponsor maka panitia akan memberikan kontraprestasi yang bentuknya senilai 50%
dari dana yang sudah masuk. Pembatalan kerjasama pada setiap tahap pembayaran
terkena potongan 50% dari jumlah dana yang disetor pada tahap tersebut.
Pembayaran dapat dilakukan secara tunai ataupun cek yang ditujukan
kepada panitia seminar Java .
Bank :
a/n :
No.Rek :
Contact person :
Profil Organisasi
Acara Seminar jaringan teknologi Wimar merupakan
salah satu program kerja bidang akademik HIMTI ( Himpunan Mahasiswa Teknik
Informatika ) Universitas Gunadarma.
Seminar ini HIMTI ingin mengenalkan Teknologi Jaringan WIMAX pada
mahasiswa Teknik Informatika Universitas Gunadarma, untuk menambah wawasan dan
pengetahuan mahasiswa.
HIMTI
merupakan sebuah komponen kampus yang
berperan dalam menampung dan menyalurkan seluruh aspirasi mahasiswa di
Universitas Gunadarma yang berkaitan dengan kegiatan kemahasiswaan,
menyelenggarakan dan mengoordinasi kegiatan-kegiatan mahasiswa di luar kegiatan
belajar mengajar khususnya mahasiswa Teknik Informatika.
Dalam
mengadakan sebuah program acara HIMTI bekerja secara sistematis. Dalam
merancang sebuah program acara ada beberapa proses yang ditempuh terlebih
dahulu. Berikut ini akan saya paparkan mekanisme kerja dari HIMTI.
·
Pembentukan
panitia kegiatan.
·
Sosialisasi
konsep acara pada panitia.
·
Penyusunan
proposal kegiatan.
·
Persetujuan
proposal kegiatan.
·
Pelaksanaan
kegiatan.
·
Evaluasi
kegiatan.
Setelah sebuah
acara selesai diselenggarakan setiap panitia wajib membuat laporan
pertanggungjawaban sesuai seksi. Laporan ini harus selesai dengan tenggat waktu
selama 2 minggu setelah kegiatan terlaksana. Laporan pertanggungjawaban ini
meliputi :
·
Laporan
persiapan.
·
Laporan
pelaksanaan.
·
Evaluasi
kegiatan.
·
Laporan
keuangan.
Setiap laporan akan
diserahkan pada pihak-pihak yang ikut serta membantu dalam pelaksanaan acara
sebagai bentuk pertanggungjawaban pada kepercayaan yang diberikan pada panitia
pelaksana kegiatan.
Kak, mau nanya .
BalasHapusKalo mau ngasi proposal permohonan bantuan dana ke mana ya di gundar ?
Terima kasih