Minggu, 29 April 2012

MEMBUAT MENU PADA PYTHON


LISTING PROGRAM
def menu():
                print "Menu Pilihan"
                print
                print "1. Segitiga"
                print "2. Lingkaran"
                print "3. Trapesium"
                print "4. Jajargenjang"
                print "5. Bola"
                print "6. Kerucut"

def segitiga () :
                t = input("Masukkan tinggi segitiga : ")
                a = input("Masukkan alas segitiga : ")
                l = a * t * 1/2
                print (" Jadi luas segitiga adalah : "), l
                print ("Terima Kasih")

def lingkaran () :
                r = input("Masukkan jari - jari lingkaran : ")
                l = 3.14 * r * r
                print (" Jadi luas lingkaran adalah : "), l
                print ("Terima Kasih")

def trapesium () :
                t = input("Masukkan tinggi : ")
                j = input("Masukkan jumlah sisi sejajar : ")
                l = t * j / 2
                print (" Jadi luas trapesium adalah : "), l
                print ("Terima Kasih")

def jajargenjang () :
                t = input("Masukkan tinggi segitiga : ")
                a = input("Masukkan alas segitiga : ")
                l = a * t
                print (" Jadi luas jajargenjang adalah : "), l
                print ("Terima Kasih")

def bola () :
                r = input("Masukkan jari - jari : ")
                l = 4 * 3.14 * r * r
                print (" Jadi luas bola adalah : "), l
                print ("Terima Kasih")

def kerucut () :
                t = input("Masukkan tinggi segitiganya : ")
                r = input("Masukkan jari - jari alasnya : ")
                l = ( 3.14 *r ) * ( t * r )
                print (" Jadi luas kerucut adalah : "), l
                print ("Terima Kasih")

#Program Utama
print "SelamatDatang di Program UntukMenghitungLuas"
print "-----------------------------------------------"
menu()
pilih = input("Masukkan pilihan : ")

if pilih == 1:
                segitiga()
elif pilih == 2:
                lingkaran()
elif pilih == 3:
                trapesium()
elif pilih == 4:
                jajargenjang()
elif pilih == 5:
                bola()
elif pilih == 6:
                kerucut()
else :
                print ("Ngantuk mas broooo")

Setelah kita running kurang lebih output programnya seperti ini.

LOGIKA PROGRAM

def menu():
                print "Menu Pilihan"
                print
                print "1. Segitiga"
                print "2. Lingkaran"
                print "3. Trapesium"
                print "4. Jajargenjang"
                print "5. Bola"
                print "6. Kerucut"

Pada blog di atas menjelaskan isi dari fungsi menu yang di dalamnya terdapat berbagai jenis perintah atau tampilan menu yang akan kita cetak.

def segitiga () :
                t = input("Masukkan tinggi segitiga : ")
                a = input("Masukkan alas segitiga : ")
                l = a * t * 1/2
                print (" Jadi luas segitiga adalah : "), l
                print ("Terima Kasih")

Pada blog di atas menjelaskan isi dari fungsi segitiga yang di dalamnya berisi tentang rumus-rumus untuk menghitung luas segitiga yang akan kita cari. Lalu kita cetak hasilnya. Lalu cetak kata terima kasih.

def lingkaran () :
                r = input("Masukkan jari - jari lingkaran : ")
                l = 3.14 * r * r
                print (" Jadi luas lingkaran adalah : "), l
                print ("Terima Kasih")

Pada blog di atas menjelaskan isi dari fungsi lingkaran yang di dalamnya berisi tentang rumus-rumus untuk menghitung luas lingkaran yang akan kita cari. Lalu kita cetak hasilnya. Lalu cetak kata terima kasih.

def trapesium () :
                t = input("Masukkan tinggi : ")
                j = input("Masukkan jumlah sisi sejajar : ")
                l = t * j / 2
                print (" Jadi luas trapesium adalah : "), l
                print ("Terima Kasih")

Pada blog di atas menjelaskan isi dari fungsi trapesium yang di dalamnya berisi tentang rumus-rumus untuk menghitung luas trapesium yang akan kita cari. Lalu kita cetak hasilnya. Lalu cetak kata terima kasih.

def jajargenjang () :
                t = input("Masukkan tinggi segitiga : ")
                a = input("Masukkan alas segitiga : ")
                l = a * t
                print (" Jadi luas jajargenjang adalah : "), l
                print ("Terima Kasih")

Pada blog di atas menjelaskan isi dari fungsi jajargenjang yang di dalamnya berisi tentang rumus-rumus untuk menghitung luas jajargenjang  yang akan kita cari. Lalu kita cetak hasilnya. Lalu cetak kata terima kasih.

def bola () :
                r = input("Masukkan jari - jari : ")
                l = 4 * 3.14 * r * r
                print (" Jadi luas bola adalah : "), l
                print ("Terima Kasih")

Pada blog di atas menjelaskan isi dari fungsi bola yang di dalamnya berisi tentang rumus-rumus untuk menghitung luas bola yang akan kita cari. Lalu kita cetak hasilnya. Lalu cetak kata terima kasih.

def kerucut () :
                t = input("Masukkan tinggi segitiganya : ")
                r = input("Masukkan jari - jari alasnya : ")
                l = ( 3.14 *r ) * ( t * r )
                print (" Jadi luas kerucut adalah : "), l
                print ("Terima Kasih")

Pada blog di atas menjelaskan isi dari fungsi kerucut yang di dalamnya berisi tentang rumus-rumus untuk menghitung luas kerucut yang akan kita cari. Lalu kita cetak hasilnya. Lalu cetak kata terima kasih.

#Program Utama
print "SelamatDatang di Program UntukMenghitungLuas"
print "-----------------------------------------------"
menu()
pilih = input("Masukkan pilihan : ")

Pada blog di atasmenjelaskan program utama dari program ini. Blog di atas ditujukan untuk menampilkan tampilan awal dari menu yang kita buat dengan memanggil fungsi menu. Lalu kita buat variabel dengan nama pilih dengan menggunakan fungsi inputan untuk variabel tersebut.

if pilih == 1:
                segitiga()
elif pilih == 2:
                lingkaran()
elif pilih == 3:
                trapesium()
elif pilih == 4:
                jajargenjang()
elif pilih == 5:
                bola()
elif pilih == 6:
                kerucut()
else :
                print ("Ngantuk mas broooo")

Pada blog di atas kita menggunakan percabangan if, jika isi dari variabel pilih adalah 1 maka kita akan memanggil fungsi segitiga. Jika isi dari variabel pilih adalah 2 maka kita akan memanggil fungsi lingkaran. Jika isi dari variabel pilih adalah 3 maka kita akan memanggil fungsi trapesium. Jika isi dari variabel pilih adalah 4  maka kita akan memanggil fungsi jajargenjang. Jika isi dari variabel pilih adalah 5 maka kita akan memanggil fungsi bola. Jika isi dari variabel pilih adalah 6 maka kita akan memanggil fungsi kerucut. Selain itu maka akan tercetak "Ngantuk mas broooo".


Tidak ada komentar:

Posting Komentar