Kamis, 26 April 2012

Wawancara Tanah Abang

Pada tanggal 20 April tahun 2012 yang lalu saya mengadakan kunjungan ke kawasan tanah abang, dalam hal itu saya ingin mewawancarai pedagang di sana untuk tugas kuliah saya. Inilah isi dari wawancara saya kemarin :
  1. Nama                                                 : Suherman
  2. Daerah Asal                                        : Solo
  3. Jenis Usaha/Kegiatan                          : Penjual baju anak – anak dan dewasa
  4. Alamat
a.       Kelurahan                                   :  Pondok Ungu Permai , Bekasi Utara
b.      RT/RW                                       : 03/023
c.       Nomer Rumah                            : 11

  1. Awal Kedatangan ke kawasan Tanah Abang        
Saya datang ke tanah abang awalnya pada tahun sekitar 2005. Pada saat itu saya ingin merantau untuk mengubah nasib saya. Dan sejak saat itu lah saya tiba di daeran tanah abang ini.
  1. Alasan Usaha    
Alasan saya membuka usaha seperti ini adalah untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari saya dan menghidupi keluarga saya.
  1. Peran dalam kegiatan usaha      
Kalo di bilang peran saya, saya adalah pembangun dan perintis toko ini dan saya juga pemilik toko ini. Itulah saya.
  1. Hubungan dengan masyarakat satu daerah        
Sejujurnya di sini bukan tempatnya masyarakat, namun di sini adalah tempat para pedagang. Jadi kalo masalah iri atau sebagainya itu sudah biasa. Namun, tidak terlalu banyak orang yang seperti itu di sini, yang banyak adalah pedagang yang jujur dan juga ramah.
  1. Bagaimana hubungan dengan para pekerja        
Saya menganggap mereka semua bukan sebagai pekerja saya atau pembantu saya, saya menganggap mereka semua seperti anak angkat saya. Dan demikian juga mereka semua. Jadi hubungan kami di sini seperti keluarga bukan lah seperti majikan dan pembantunya.
  1. Data data tambahan      
Saya sangat mengharapkan bahwa semua orang yang beringin belanja di sini saja. Soalnya harga di sini sudah cuup murah. Salah jika orang berpikiran bahwa pasar tanah abang penuh dengan tindak kejahatan dan tidak nyaman jika di kunjungi, mungkin itu dulu. Namun sekarang sungguh berbeda dengan dulu, sekarang pasar tanah abang sangatlah nyaman dan jauh dari tindak kejahatan.

Demikianlah wawancara saya lakukan, mohon maaf jika saya ada salah – salah kata. Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar