Kamis, 08 November 2012

CARD FILE DAN INVENTORY

LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM
  
Mata pratikum                      :           SIAK
Kelas                                   :           2IA23
Praktikum                            :           Ke-3
Tanggal                               :           9 NOVEMBER 2012
Materi                                  :          CARD FILE DAN INVENTORY
NPM                                   :           50411171
Nama                                  :           Adi Guna Jaya
Ketua Asisten                      :          
Nama Asisten                      :          
Paraf Asisten                       :                      
Jumlah Lembar                    :           Lembar


LABORATORIUM INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2012


LANGKAH MEMBUAT CARD LIST PADA MYOB V.15

1.       Pada Command Centre klik menu Card File lalu Pilih Cards List.



2.   Maka akan tampil kotak dialog seperti di bawah ini. Menu bar customer di gunakan untuk menginput data pelanggan yang berhubungan dengan perusahaan kita. Sedangkan menu bar vendor di gunakan untuk menginput data supplier barang perusahaan kita. Sedangkan untuk mengisi data klik saja tombol new seperti gambar di bawah ini.



3.  Lalu akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini, pertama tentukan yang ingin di input adalah pelanggan atau suplier tentukan pada kolom card type. Lalu isikan nama dari pelanggan atau customer dan data lain-lainnya setelah semuanya sudah di masukkan maka klik saja OK.



4.   Lalu akan balik lagi ke kotak dialog sebelumnya, namun data yang kita isi tadi akan masuk di kotak dialog ini. Lalu ulangi semua langkah di atas untuk memasukkan data pelanggan atau supplier  yang lain.


LANGKAH – LANGKAH MENGINPUT INVENTORY

1.       Pada Command Centre pilik menu tab inventory lalu klik Item List.


2.    Maka akan tampil kotak dialog seperti di bawah ini. Ta sold digunakan untuk melihat dan menginput barang apa saja yang akan dijual, sedangkan tab bought digunakan untuk melihat barang apa saja yang ingin kita beli. Untuk menginput datanya klik new.



3.  Setelah itu maka akan keluar seperti tampilan di bawah ini. Lalu isi item number dan nama barang yang ingin dimasukkan datanya. Lalu check list pada check box yang di beri warna lalu pilih accout yang akan digunakan. akun yang pertama isi dengan akun HPP barang dagangan. Yang kedua isi dengan akun penjualan . sedangkan yang terakhir isi dengan akun persediaan barang.


4.  Lalu pilih menu tab buying details , lalu jika ingin memberi pajak maka check list lah pada check box yang di warnai pada gambar di bawah ini.


5.   Lalu pilih menu tab selling details, check list pada check box yang diwarnai pada gambar di bawah ini untuk memberi nilai pajak, jika tidak maka biarkan saja check box itu tidak tercheck list. Sedangkan jika ingin memasukkan harga per unit brang dagangan anda, bisa melalui kotak dialog base selling price. Lalu klik OK.


6. Maka tampilan akan seperti ini. Lanjutkan dengan mengulai langkah – langkah di atas untuk menginput barang yang ingin di beli dan barang yang ingin di jual.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar