Selasa, 06 November 2012

TUGAS PROPOSAL


I.  LATAR BELAKANG
 
Kota adalah suatu lingkup pemerintahan 1 tingkat di bawah Provinsi yang berarti lingkup pemerintahannya yang sudah cukup besar dimana di dalamnya terjadi banyak kegiatan dari berbagai aspek yang dilakukan oleh para penduduknya.  Tidak dapat dipungkiri kemajuan teknologi telah mendidik para penduduk suatu kota untuk terus merasa ingin tau, memantau dan ikut serta dalam kemajuan teknologi itu. Sehingga dunia pendidikan sekarang pun telah memberikan pengajaran yang memadai akan teknologi ini kepada para anak mudanya.
Internet adalah satu bentuk kemajuan teknologi yang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi suatu kota. Kegiatan bisnis yang menjadi penumpu kehidupanpun sudah menginjak suatu persaingan baru yaitu dunia maya(on line). Sudah sangat banyak website yang menjual produk-produk dari suatu perusahaan dengan penampilan website yang menarik. Dari kebutuhan akan website tersebut muncullah web designer sebagai profesi baru, para pelakunya tidak hanya orang dewasa melainkan sudah banyak para pelajar yang ikut melakoni pekerjaan ini. Karena itu Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Gunadarma (HIMTI Universitas Gunadarma) membuat serangkaian kegiatan yang di dalamnya menyoroti Web Design dan diikuti dengan kegiatan sosial lainnya.

II. TUJUAN KEGIATAN
 
1        Peningkatan keahlian berorganisasi Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Gunadarma yang ikut dalam kepanitiaan acara ini
2        Memberi wadah peserta lomba membuktikan keahliannya dalam bidang Web Design
3        Meningkatkan kepedulian kepada sesama dalam acara sosialnya
4        Sebagai Media promosi Universitas Gunadarma khususnya Kalimalang
5   Sebagai media promosi bagi pihak sponsor,  Memberi pengetahuan tentang Web Design kepada masyarakat umum

III.  DASAR KEGIATAN
 
Dasar kami mengadakan kegiatan ini adalah :
  • Program Kerja HIMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) Universitas Gunadarma tahun kepengurusan 2012-2013.
  • Tri Darma perguruan tinggi.

IV.   NAMA KEGIATAN

Rangkaian acara yang akan diadakan digabung dalam satu judul yaitu “My Digital City”.

V.  WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
 

  1. Lomba Web Design Seleksi Pertama
Waktu  : 10.00 – 12.00 WIB
Tanggal           : 12 Januari 2013
Tempat            : dibagi menjadi 3 tempat sesuai regional peserta yaitu
Universitas Gunadarma Margonda (Kampus D)
Universitas Gunadarma Kalimalang (Kampus J1)
Universitas Gunadarma Cengkareng (Kampus L)

  1. Lomba Web Design Tahap Final
Waktu  : 10.00 – 11.00 WIB
Tanggal           : 19 Januari 2013
Tempat            : Auditorium Univeristas Gunadarma Kalimalang (Kampus J1)

  1. Workshop Web Design
Waktu  : 10.00 – 13.00 WIB
Tanggal           : 19 Januari 2013
Tempat            : Auditorium Univeristas Gunadarma Kalimalang (Kampus J1)

  1. Donor Darah
Waktu  : 10.00 – 15.00 WIB
Tanggal           : 19 Januari 2013
Tempat            : Lobby Univeristas Gunadarma Kalimalang (Kampus J1)

  1. Bazar
Waktu  : 10.00 – 15.00 WIB
Tanggal           : 19 Januari 2013
Tempat            : Lobby Univeristas Gunadarma Kalimalang (Kampus J)

VI.      TARGET PESERTA

Sasaran untuk Lomba Web Design adalah pelajar tingkat SMA/Sederajat dan umum untuk daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) . Sedangkan untuk Workshop Web Design adalah untuk umum dengan rincian peserta yaitu dari peserta Lomba Web Design ditambah 200 dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum. Serta terdapat acara sosial berupa Donor Darah yang dibuka untuk umum dan diadakan Bazaar juga dibuka untuk umum.

VII.     SUSUNAN ACARA

Terlampir

VIII.     SUMBER DANA
 
1        Dana Rektorat Universitas Gunadarma
2        Sponsorship
3        Donatur yang tidak mengikat

IX.  SUSUNAN PANITIA

Terlampir

X. ANGGARAN BIAYA

Terlampir

XI.    PROFIL PANITIA

Terlampir

XII.     PENUTUP
 

Demikian proposal ini kami buat untuk memberi gambaran mengenai acara yang akan kami laksanakan. Besar harapan kami, semua pihak berkenan untuk ikut berkerja sama dengan kami agar wawasan dan pengetahuan mahasiswa dapat  berkembang dengan semestinya. Atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Ketua pelaksana                                                                                Sekretaris                                                                                                                                   

            Rinaldi Prabowo                                                                      Firda Tri Kurniasih
                       
                  
Mengetahui,

Ketua HIMTI periode 2012 – 2013                                                    Pembantu Dekan III

                                                                       

Suad Alfatih                                                                                  Sunyoto ST, MT

LAMPIRAN I.
SUSUNAN ACARA

LAMPIRAN II.
SUSUNAN PANITIA

Pelindung                               : Rektor Universitas Gunadarma
                                                  Prof. Dr. E.S. Margianti, SE., MM.
Pembina                                 : Pembantu Rektor III Universitas Gunadarma
      .                                     Irwan Bastian, SKom, MMSI.
                                            Pembantu Dekan III Fakultas Teknologi Industri
                                            Sunyoto ST, MT
Penanggung Jawab   :           : Ketua HIMTI periode 2012-2013
  Universitas Gunadarma
Ketua Pelaksana                                :           Rinaldi prabowo           
Sekretaris                                           :           Firda
Bendahara umum                              :           Resya
            Bendahara I (Depok)               :          
            Bendahara II (Cengkareng)     :          
Koordinator Lomba                           :           Didi
            Depok                                      :
            Cengkareng                             :
Koordinator Workshop                    :           Dwiky
Koordinator Bazaar                           :           Okka
Koordinator Donor Darah                :           Dzikri
Kordinator Perlengkapan                 :           Anto
Anggota                                   : 1.       Cahyo
                                                              2.
Koordinator Pubdekdok                  :           Nia
Anggota                                   : 1.
                                                              2.
Koordinator Humas                           :           Ratih
 Anggota                                  : 1.
                                                              2.
Koordinator Konsumsi                  :           Ratih part2
Anggota                                  : 1.
                                                              2.
Koordinator Dana Usaha              :           Ar’rasya
Anggota                                  : 1.
                                                              2.
Koordinator Registrasi                  :           Hendy
Depok                                     :
Cengkareng                            :
           
LAMPIRAN III.

ANGGARAN BIAYA

                                                             
NO
KEGIATAN
SATUAN (Rp)
JUMLAH (@)
TOTAL
1
KESEKRETARIATAN:
XIII.         Proposal
XIV.         Undangan


Rp.          20.000
Rp.              2000

10
5

Rp.      200.000
Rp.         10.000

SUB TOTAL


Rp. 210.000
2
PUBLIKASI DAN DOKUMENTASI
XV.           Spanduk
XVI.         Banner
XVII.      Sertifikat
XVIII.    Name tag Panitia
XIX.         Pamflet
                   


Rp.         120.000
Rp.           75.000
Rp.             5.000

Rp.              3.000
Rp.           20.000


5
5
300


Rp.       600.000
Rp.       375.000
Rp.    1.500.000

SUB TOTAL



3
ACARA
XX.           Pembicara
XXI.         Hadiah lomba (umum & pelajar)
Juara I
Juara II
Juara III


Rp.      1.500.000



Rp.      2.000.000
Rp.      1.000.000
Rp.         500.000





2
2
2

Rp.    1.500.000



Rp.    4.000.000
Rp.    2.000.000
Rp.    1.000.000

SUB TOTAL



4
PERLENGKAPAN
XXII.      Dokumentasi acara
XXIII.        Infocus

Rp. 200.000

Rp.         200.000

1

1


Rp. 200.000

Rp. 200.000

SUB TOTAL



5
HUMAS
XXIV.   Angket
XXV.          Ticketing

Rp.           50.000
Rp.              5.000

1
250

Rp.   1.500.000
Rp.   1.250.000

SUB TOTAL



6
KONSUMSI
XXVI.   Peserta + Panitia
XXVII. Tamu Undangan



Rp.              5.000



100


Rp.    1.500.000
Rp.        300.000

SUB TOTAL


Rp.    1.800.000

TOTAL ANGGARAN


Rp. 19. 365.000

Dana yang harus dicari           Rp. 19. 365.000
                                                Rp. 16. 250.000
                                                Rp.    3.115.000

LAMPIRAN IV.

SPONSORSHIP


Dalam kegiatan ini, kami Panitia mengajak saudara untuk bekerjasama dan berpartisipasi melalui paket promosi dengan cara pencantuman logo dari perusahaan atau instansi saudara dalam acara yang diselenggarakan oleh Panitia. Adapun paket promosi yang kami sediakan meliputi:
I. Sponsor Utama
Pencantuman nama atau logo instansi perusahaan sponsor pada:
XXVIII.    Spanduk Rentang
XXIX.              ID Card atau Nametag panitia
XXX.                Pamflet
XXXI.              Banner
XXXII.      CD
XXXIII.    Cover depan fotokopi materi
XXXIV.    Sertifikat peserta
XXXV.      Bilik stand bazaar
XXXVI.    Iklan media cetak atau elektronik
XXXVII.  Logo dan Profil sponsor utama pada homepage kegiatan
II. Sponsor Pendamping
Pencantuman nama atau logo instansi perusahaan sponsor pada:
XXXVIII.                        Spanduk Rentang
XXXIX.    ID Card atau Nametag panitia
XL.                     Pamflet
XLI.                   Banner
XLII.                 CD
XLIII.              Cover depan fotokopi materi
XLIV.             Sertifikat peserta
XLV.               Bilik stand bazaar
XLVI.             Iklan media cetak atau elektronik
XLVII.           Logo dan Profil sponsor pendamping pada homepage kegiatan.

III. Sponsor Khusus
·        Kaos atau seragam panitia
·        Spanduk
·        Publikasi di media cetak
·        Publikasi di media elektronik
·        Dan lain-lain

KETENTUAN SPONSORSHIP


·        Panitia Acara “My Digital City” berhak mencari sponsor sampai kebutuhan dana terpenuhi
·        Terdapat sponsor tunggal atau utama maka paket sponsor yang lain tidak dapat ditawarkan.
·        Panitia berhak memprioritaskan sponsor yang masuk berdasarkan golongan paket tertinggi yang dipilih maupun dari waktu persetujuan sponsor.
·        Apabila sebuah paket sponsor tingkatannya yang lebih tinggi diminati oleh suatu badan usaha sedangkan pada saat itu sudah ada badan usaha lain yang telah memilih paket sponsor yang lebih rendah tingkatannya maka panitia berhak membatalkan perjanjian paket sponsor yang lebih rendah tingkatannya, jika kesepakatan dengan paket sponsor yang lebih tinggi seperti itu dan memberitahukan pembatalan tersebut. Pembatalan itu tidak bersifat otomatis tetapi mempertimbangkan jumlah dana yang telah terkumpul.
·        Batas waktu perjanjian harus dapat direalisasikan selambat-lambatnya 21 (dua puluh satu) hari sebelum penyelanggaraan kegiatan.
·        Sponsor berhak mendapatkan seluruh kontraprestasi yang ada pada paket-paket sponsor yang dipilihnya. Jika sponsor tidak menggunakan salah satu atau lebih kontraprestasi yang ditawarkan maka kontraprestasi tersebut tidak dapat diganti dengan kontraprestasi lainnya sedangkan dana yang senilai dengan kontraprestasi yang tidak dapat diambil kembali.
·        Perjanjian kerjasama atau kontrak dinyatakan secara tertulis diatas kertas bermaterai dan ditandatangani kedua belah pihak, disertai oleh dua orang saksi masing-masing satu orang dari setiap pihak.
·        Bila terjadi pengunduran waktu kegiatan akibat hal yang diluar kemampuan panitia maka perjanjian kerjasama tetap berlaku dengan asumsi waktu penyelenggaraan diundur.

KETENTUAN UMUM

Material
            Semua materi dari sponsor (Nama dan logo promosi, pesan perusahaan dsb) untuk media promosi yang akan diproduksi telah diterima oleh panitia paling lambat 14 (empat belas) hari sebelum penyelenggaraan kegiatan. Materi sponsor untuk promosi khusus yang dimiliki sendiri (spanduk atau umbul-umbul perusahaan) dengan sepengetahuan panitia, harus disediakan panitia selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari sebelum penyelenggaraan kegiatan.
Bentuk Kerjasama
            Kerjasama antar sponsor dan panitia adalah hubungan yang didasarkan pada kerjasama saling menguntungkan.
Produksi
            Produksi dari media promosi akan dilaksanakan oleh panitia dengan persetujuan kedua belah pihak sesuai ketentuan promosi.

SISTEM PEMBAYARAN


Pembayaran dapat dilakukan sekaligus atau dalam 2 (dua) tahap. Jika dilakukan dalam dua tahap maka pembayaran pertama sebesar 70% dari jumlah keseluruhan biaya yang ditanggung, dibayarkan langsung pada saat penandatanganan kontrak kerja sama dengan saksi kedua belah pihak sedangkan sisanya dibayarkan paling lambat 7 (tujuh) hari sebelum kegiatan seminar berlangsung. Jika pembayaran termin kedua ini tidak dapat dilakukan oleh pihak sponsor maka panitia akan memberikan kontraprestasi yang bentuknya senilai 50% dari dana yang sudah masuk. Pembatalan kerjasama pada setiap tahap pembayaran terkena potongan 50% dari jumlah dana yang disetor pada tahap tersebut.

Pembayaran dapat dilakukan secara tunai ataupun cek yang ditujukan kepada panitia seminar Java .
Bank :
a/n     :
No.Rek :
Contact person :
Profil Organisasi

            Acara Seminar jaringan teknologi Wimar merupakan salah satu program kerja bidang akademik HIMTI ( Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika ) Universitas Gunadarma.  Seminar ini HIMTI ingin mengenalkan Teknologi Jaringan WIMAX pada mahasiswa Teknik Informatika Universitas Gunadarma, untuk menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa.
            HIMTI merupakan sebuah komponen kampus  yang berperan dalam menampung dan menyalurkan seluruh aspirasi mahasiswa di Universitas Gunadarma yang berkaitan dengan kegiatan kemahasiswaan, menyelenggarakan dan mengoordinasi kegiatan-kegiatan mahasiswa di luar kegiatan belajar mengajar khususnya mahasiswa Teknik Informatika.
            Dalam mengadakan sebuah program acara HIMTI bekerja secara sistematis. Dalam merancang sebuah program acara ada beberapa proses yang ditempuh terlebih dahulu. Berikut ini akan saya paparkan mekanisme kerja dari HIMTI.
·                    Pembentukan panitia kegiatan.
·                    Sosialisasi konsep acara pada panitia.
·                    Penyusunan proposal kegiatan.
·                    Persetujuan proposal kegiatan.
·                    Pelaksanaan kegiatan.
·                    Evaluasi kegiatan.
Setelah sebuah acara selesai diselenggarakan setiap panitia wajib membuat laporan pertanggungjawaban sesuai seksi. Laporan ini harus selesai dengan tenggat waktu selama 2 minggu setelah kegiatan terlaksana. Laporan pertanggungjawaban ini meliputi :
·                    Laporan persiapan.
·                    Laporan pelaksanaan.
·                    Evaluasi kegiatan.
·                    Laporan keuangan.
Setiap laporan akan diserahkan pada pihak-pihak yang ikut serta membantu dalam pelaksanaan acara sebagai bentuk pertanggungjawaban pada kepercayaan yang diberikan pada panitia pelaksana kegiatan.


1 komentar:

  1. Kak, mau nanya .
    Kalo mau ngasi proposal permohonan bantuan dana ke mana ya di gundar ?
    Terima kasih

    BalasHapus